Cara Membangun Sistem Keamanan Rumah Dengan Peringatan Email di Packet Tracer 7.0

Cara Membangun Sistem Keamanan Rumah Dengan Peringatan Email di Packet Tracer 7.0


Assalamualikum wr.wb

Halo sobat, ketemu lagi sama saya wkwk. Kali ini saya akan membuat sebuah postingan yang insya Allah akan bisa bermanfaat bagi kalian yang suka oprek dan nyoba-nyoba konfigurasi yang baru. jadi beberapa hari ini saya vakum tidak sempat menulis karena sibuk merenungkan nasib saya apakah bisa kuliah atau tidak, waduh kenapa jadi curhat colongan begini ya 😅. postingan ini terinspirasi dari guru saya dari youtube ada seseorang yang membuat tutorial ini, dikemudian hari saya mengembangkan konfigurasi ini dan saya buat jadi judul Tugas Akhir saya sebenarnya ini sudah lama saya mau posting di blog tapi karena beberapa hal saya membatalkan niat saya untuk membuat postingan ini, ok kita mulai saja dan cekidot.

Catatan : Cisco Packet Tracer yang digunakan adalah versi 7 ke atas.

A. Alat dan Bahan

    1. Laptop
    2. Cisco Packet Tracer 7.0 atau 7.1
    3. Niat

B. Mulai Ngonfig

    1. Pertama kita buat sebuah topologi sederhana seperti dibawah ini 



       Saya akan menjelaskan sedikit konsep kerja dari topologi ini, jadi gini server akan bertindak sebagai pemberi layanan kepada PC0 dan PC1, dan dia juga akan terhubung ke microcontroller yang nantinya akan kita konfig sesuai kemauan kita, fungsi sensor disini  untuk membaca gerak-gerik yang mencurigakan dan otomatis CCTV akan berubah warna led nya menjadi "Merah" lalu otomatis juga kita akan mendapatkan pemberitahuan bahwa ada gerak yang mencurigakan melalui EMAIL. bingung.? coba dulu yu pahami pelan-pelan.

2. Saya akan memberitahu tempat Microcontroller, CCTV dan Sensor nya ada dibagian mana kali aja ada beberapa yang masih bingung

    Untuk CCTV ada disini :
    

     Untuk Microcontroller ada disini :


    Untuk Micro sensor ada disini :


    Dan kabel yang digunakan untuk menghubungkan microcontroller dan Sensor serta CCTV ada disini :

    

     Tambahkan port fast ethernet pada micon berikut caranya :


3. Ok mulai konfig, pertama kita konfigurasi ip dan hostname pada R1 perintahnya seperti dibawah ini :

   


Berikut Perintahnya :

Router>enable
Router#conf t
Router(config)#hostname R1

R1(config)#interface f0/0
R1(config-if)#ip address 19.19.19.1 255.255.255.0
R1(config-if)#no shutdown
R1(config-if)#exit

R1(config)#interface f1/0
R1(config-if)#ip address 192.168.10.1 255.255.255.0
R1(config-if)#no shutdown
R1(config-if)#exit

Untuk Menyimpan Konfigurasi Gunakan Perintah berikut


R1(config)#do write

4. Setelah itu kita konfigurasi IP Address Pada Server dan juga konfigurasi layanan seperti DNS, HTTP, dan Email :

   - Konfigurasi IP Address



 - Konfigurasi HTTP



 - Konfigurasi DNS



 - Konfigurasi Email dan Buat User

   



Penjelasan : Pada pembuatan user disini, user micon digunakan untuk perangkat microcontroller dan user admin digunakan untuk client dari PC0 atau PC1

5. Selanjutnya konfig IP Address pada PC0 dan PC1 sebagai berikut :

    


 

6. Kemudian kita akan mulai pindah ke microcontroller, isi IP Address pada micon seperti dibawah ini :


7. Setelah itu buat sebuah program baru dengan bahasa pemerograman python, upss tenang kita tidak perlu membuatnya dari awal, cisco sangat baik terhadap kita yang mau belajar dia telah menyediakan template bawaan cisco, ok perhatikan gambar dibawah :


Setelah itu kita edit programnya berikut program bawaan sebelum kita edit :




Fokus Fokus Kita mulai edit programnya berikut beberapa script yang kita ubah sesuaikan dengan gambar dibawah ini :
 

Keterangan :

1. Micon@sahrul.com ( username@domainname.com)
2. sahrul.com               ( domainname)
3. micon                       (username)
4. lap25                        (Password User)

berikut ubah juga seperti dibawah ini jika ada pertanyaan kita bisa bahas di kolom komentar nanti karena jika saya menjelaskan terlalu panjang lebar disini nanti malah ada yang malas membaca karena kebanyakan teori hehe


8. Setelah selesai jalankan programnya apabila berjalan maka sampe ditahap ini kita berhasil



Ok selesai tahap ini sekarang kita lanjut ke tahap pengujian.

C. Pengujian Program

   1. Pertama buka salah satu PC bebas mau PC0 atau PC1 login email terlebih dahulu seperti dibawah ini menggunakan username admin :



2.  Lakukan pengetesan untuk HTTP pada web browser tulis domainname kita (sahrul.com), jika berhasil maka akan muncul seperti dibawah ini :


3. Kemudian tahan ALT pada keyboard dan arahkan mouse ke depan sensor maka sensor akan mendeteksi gerakan tersebut dan cctv akan berubah lampu led nya menjadi merah 

4. Maka pada program akan muncul dan seketika yang tadinya aman bro menjadi bahaya :


5. terakhir buka email pada PC dan klik receive dan jika berhasil maka microcontroller akan mengirim pesan sesuai dengan program yang kita buat tadi


Ok selesai...

Mungkin itu saja pengetahuan saya yang dapat saya share ke kalian semuanya, semoga bermanfaat dan selamat ngonfig. share ke teman-teman apabila menurut kalian postingan ini bermanfaat.

Wassalamualaikum wr.wb

0 Komentar